70 Tahun Evolusi Mobil Jeep Dunia Yang Melegenda



Hitler, Kanselir Jerman, memerintahkan Ferdinand Porsche (yang pada tahun 1933 diminta untuk membuat mobil rakyat) untuk mendesain kendaraan tempur. Ferdinand Porsche bergerak cepat. Prototipe mobil rakyatnya, KdF, yang di belakang hari populer dengan nama Volkswagen Beetle, langsung dimodifikasi menjadi mobil tempur di pabrik KdF Wagen. Era kendaraan tempur dimulai pada 1933, saat Angkatan Darat Jerman memerintahkan semua pabrik mobil membuat kendaraan yang ke-empat rodanya dapat bergerak bersama-sama, yang akan digunakan untuk keperluan perang. Sistem penggerak ini nantinya disebut sebagai system 4 x 4 atau 4 wheel drive.


G-Class

Perusahaan pertama yang berhasil memenuhi permintaan ini adalah Mercedes Benz, pada tahun 1933. Mercedes Benz bisa dengan cepat memenuhi pesanan ini dengan cara melakukan modifikasi pada salah satu jenis kendaraan lintas alam (cross country) yang pernah diproduksi pada tahun 1926, yang diberi nama G-Class atau kependekan dari Gelaendewagen (= land cruiser, dalam bahasa inggris). G-Class versi awal ini adalah sebuah truk yang menggunakan 6 roda.


Kubelwagen


Kubelwagen

Pada Tahun 1939 Kubelwagen atau Type 82. dengan spesifikasi: menggunakan mesin 1.131 cc, 4 silinder, berpendingin udara, dan diletakkan di bagian belakang mobil. Selain Kubelwagen, Ferdinand Porsche juga mendesain Schwimmwagen (14.276 unit), yaitu satu jenis kendaraan yang daapat digunakan di dua alam (amfibi) yaitu tipe 128 dan tipe 166. Mesinnya sanggup mengeluarkan daya 25 PK. Untuk bergerak di air, pada bagian belakang mobil dilengkapi dengan propeler yang bisa dilipat.

Ada satu jenis kendaraan, yang identik dengan kendaraan perang. Di Indonesia, kendaraan ini dikenal dengan nama “Jip”. Sebutan “Jip” sendiri diambil dari kata “Jeep” yang merupakan salah satu kendaraan produksi Amerika Serikat. Jika melihat sejarahnya, sesungguhnya Jeep bukanlah pelopor kendaraan khusus bagi keperluan militer. Tetapi justru nama ini yang nantinya terkenal sebagai kendaraan militer yang legendaris.



Setelah menjalani proses seleksi dari 135 perusahaan yang mengikuti tender, mobil produksi Willys-Overland keluar sebagai pemenang. Namun, mobil ini tetap belum memenuhi syarat. Bobot matinya masih lebih berat 113 kg daripada yang disyaratkan. Rangka mobil itu pun diganti menggunakan baja yang lebih ringan. Cat mobil pun dikurangi, dari dua lapis menjadi hanya satu lapis. Aksi Roos dan para krunya ini berhasil mengurangi berat mobil ini sebesar 119 kg.

Angkatan Darat Amerika Serikat pada 1941 memutuskan bahwa akan lebih efektif dalam mengeluarkan biaya jika tiap model mobil Willys disamakan dalam satu standar model. Ford melakukan perbaikan dari MA dengan menghasilkan berat badan mobil yang lebih ringan, maka jadilah Willys MB. MB Merupakan ikon Perang Dunia II sebagai General Eisenhower dan M4 Sherman tank. Model ini merupakan awal mula jenis mobil dengan tipe bak terbuka dengan nama Jeep yang sebenarnya merupakan nama jenis mesin yang digunakan dalam mobil ini yang merupakan mesin produksi dari Ford yaitu GP

Dengan ditambahkan wiper di kaca depan, bak truk, sebuah ban serep dan lampu depan ke MB, dan lahirnya untuk pertama kali Jeep untuk warga sipil (non-perang) CJ Willys. Lebih dari 1,2 juta CJs dibangun di seluruh dunia antara 1944 dan 1986. Meskipun kepemilikan berubah dari Willys untuk Kaiser American Motors, CJ terus produksi dengan beberapa perubahan selama 42 tahun sampai akhirnya digantikan oleh Wrangler.

Jeepster adalah Jeep dengan konsep SUV dan sangat menarik (oleh Brooks Stevens), meskipun dari sisi penjualan cuku mengecewakan.

Truk dari seri FC Jeep (untuk “Forward Control,” istilah lain untuk cab-over-engine) meskipun tampak seperti mainan Tonka jenis ini merupakan Pelopor untuk kendaraan “angkutan barang” seperti pada saat sekarang yang dihasilkan oleh Isuzu dan Hino.

Kendaraan diperkenalkan pada tahun 1954 dan diproduksi hingga tahun 1983, dengan konsep dasar adalah Jeep M38A1 yang digunakan selama Perang Korea.

CJ-7 berbeda dari CJ-5 dalam hal wheelbase dimana CJ-7 wheelbasenya lebih panjang dan pintu yang sedikit lebih berbentuk persegi. AMC juga membuat beberapa mods pada rangka mobilnya. AMC membangun lebih dari 379.000 mobil model ini antara tahun 1976 dan 1986.

Desainer dari AMC dan Renault berkumpul untuk mendesain Cherokee, kendaraan yang mulai merajai SUV pada jamannya. Cherokee begitu populer dan tetap di produksi dengan beberapa perubahan sampai tahun 2001

Pada era 80-an banyak orang mengendarai Grand Wagoneers. Selama proses produksi selama 28-tahun dari 1963-1991 model ini hanya mengalami beberapa perubahan kecil sehingga membuat model ini merupakan model mobil terlama dan sama yang diproduksi di Amerika Serikat.

Kendaraan yang ideal untuk berkendara di bawah sinar matahari. Dengan model dan desain yang lebih nyaman dan modern, lampu persegi
Seri TJ, diperkenalkan pada tahun 1996 sebagai model tahun 1997

Penerus Jeepster, Compas memiliki sedikit kesamaan dengan Jeep sebelumnya. Tetapi kehadiran model ini bersamaan dengan krisis yang dihadapi oleh induk perusahaan produsen ini yaitu Chrysler

Model ini dibangun dari 2006 sampai 2010 yang juga merupakan Pulizter Prize-winning gearhead, berdasarkan platform dari Grand Cherokee
Grand Cherokee terbaru dilengkapi dengan suspensi udara opsional, sebuah kenop yang menyesuaikan dinamika kendaraan pada berbagai jenis medan, djuga model ini memiliki interior terbaik dari semua mobil model ini yang pernah di produksi

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6675711

 

About these ads

One Response to 70 Tahun Evolusi Mobil Jeep Dunia Yang Melegenda

  1. tedisobandi mengatakan:

    Mantabz gan, kunjung balik ya http://adekunya.wordpress.com :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Fiazku

Kecerdasan Manusia Bodoh

AHAO's Blog

Hal Kecil dan Terabaikan Bisa Dibikin Jadi Penting :-)

Alex Feleol

"Compartilhando conhecimento em TI"

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.