Pentingnya Disiplin Bagi Anak


Kita semua menyadari pentingnya disiplin dalam perkembangan dan penenaman moral anak. Konsep umum dari disiplin disamakan dengan hukuman. Konsep ini menyatakan bahwa disiplin digunakan jika anak melanggar aturan-aturan yang ditetapkan oleh orang tua, guru, maupun orang dewasa lainya. Disiplin merupakan cara masyarakat mengajarkan anak berperilaku moral yang diterima oleh masyarakatnya. tujuan dari disiplin adalah membentuk perilaku yang sesuai dengan kelompok sosialnya. Walaupun demikian ada orang tua yang takut bahwa dengan menerapkan disiplin akan menimbulkan masalah dalam hubungan dengan anak-anaknya. Oleh karena itu, ada konsep yang bertentangan dengan disiplin itu sendiri. Konsep yang memandang disiplin sebagai konsep yang negatif, berarti sama dengan hukuman. Sedangkan konsep positif sama denngan pendidikan, bimbingan dalam menetapkan disiplin diri dan kontrol diri

Disiplin adalah penting bagi perkembangan anak karena berisi hal-hal yang diperlukan anak. Disiplin akan menambah kebahagiaan, penyesuaian pribadi dan sosial mereka. Beberapa kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui disiplin adalah berikut ini.

  1. Disiplin membuat anak-anak mempunyai perasaan aman tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
  2. Anak belajar mengapa pola perilaku tertentu diterima dan mengapa pola perilaku yang lain tidak diterima.
  3. Melalui disiplin anak-anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma-norma sosial. Anak-anak berperilaku dengan cara tertentu yang dapat memperoleh pujian, di mana anak-anak mengartikan sebagai dicintai-diterima. Hal ini mendorong anak untuk mengulang perilaku yang baik.
  4. Anak-anak pun akan mengembangkan kata hati untuk membuat keputusan dan pengendalian dari perilakunya

Di samping itu, hal-hal yang penting dari disiplin adalah sebagai berikut :

  • Alat untuk membentuk moral

Pengajaran baik dan buruk perlu ditekankan pada alasan mengapa beberapa pola tingkah laku diterima sementara yang lain tidak, dan penjelasan langsung perlu untuk membantu anak memiliki konsep yang lebih luas.

  • Penghargaan

Penghargaan memiliki nilai pendidikan ayang kuat bagi anak jika anak bertingkah laku benar dan dapat memotivasi anak untuk mengulang kembali tingkah laku yang diharapkan. Dengan demikian, penghargaan merupakan hal yang efektif maka pemberian penghargaan juga harus tepat disesuaikan dengan usia anak dan tingkat perkembangannya.

  • Hukuman

Sebagaimana penghargaan, hukuman perlu dikembangkan secara tepat. Hukuman juga harus dapat memotivasi anak agar taat pada harapan sosial di kemudian hari.

  • Konsistensi

Disiplin yang baik adalah disiplin yang diberikan secara konsisten. apa yang benar saat ini juga benar di saat yang lain. Tingkah laku yang salah jika diulang, perlu mendapatkan hukuman yang sama setiap saat,  dan tingkah laku yang benar perlu mendapat penghargaan yang sama pula

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam menerapkan disiplin hendaknya disesuaikan dengan perkembangan anak. Seorang anak akan cocok pada suatu disiplin, tetapi mungkin anak yang lain tidak sesuai. Pemberian disiplin tergantung pada di mana biasanya muncul permasalahan. Oleh karena itu disiplin sebaiknya mulai diberikan dalam hubungan dengan kegiatan rutin sehari-hari, seperti cara makan, tidur, ataupun kebiasaan belajar.

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Fiazku

Kecerdasan Manusia Bodoh

AHAO's Blog

Hal Kecil dan Terabaikan Bisa Dibikin Jadi Penting :-)

Alex Feleol

"Compartilhando conhecimento em TI"

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.